Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Rekayasa Perangkat Lunak secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu
RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.
Keunggulan Jurusan RPL
- Mampu bekerja di berbagai bidang karena sudah dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.
- Dalam melakukan kerja lapangan akan lebih mudah karena saat pembelajaran sudah sering melakukan kerja praktek.
- Pekerjaan nya yang relatif mudah dan santai, dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun menggunakan koneksi tentunya.
- Lebih terdepan dari jurusan lainnya dan orang awam diluar sana karena jurusan RPL lebih mengerti dan mendalami berbagai teknologi.
- Mampu memasang sebuah PC.
- Mengerti akan fungsi dari komponen komputer.
Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
- Pemograman Bahasa C++
- Pemograman Bahasa Java
- Pemograman PHP & Mysql
- Pemograman JavaScript
- Pemograman AJAX (*)
- Pemograman Web Server
- Pemograman HTML
- Pemograman CSS
- Web Design
- Algoritma Dasar
- Algoritma tingkat Lanjut
- Gerbang Logika
- Basis Data
- DFD (Data Flow Diagram)