Teknik Ketenagalistrikan

  1. Visi, Misi Program Studi Keahlian

Visi Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

“Menjadi Penyedia dan penyelenggara pendidikan di bidang ketenagalistrikan dalam menyiapkan lulusan yang berakhlak, kompeten, memiliki semangat terus berkembang, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan”.

 

Misi Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

    1. Menyediakan program pendidikan kejuruan di bidang pemanfaatan tenaga instalasi tenaga listrik
    2. Melaksanakan program dan proses pendidikan kejuruan sesuai kebutuhan masyarakat agar dapat terakreditasi secara intitusional dengan memanfaatkan kewenangan secara bertanggung jawab
    3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan siap beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta berjiwa wirausaha
  1. Tujuan Program Studi Keahlian

Tujuan Umum berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 15

”Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu”.

 

Tujuan Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

  1. Mengembangkan sistem pendidikan yang efektif dan berdaya guna
  2. Mempercepat pelaksanaan visi dan misi yang telah dicanangkan, dalam membangun identitas diri
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, keunggulan akademik dan atau siap bekerja di bidangnya
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat
  1. Profil Lulusan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan pada jenjang SMK antara lain adalah:

 

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

No.

Dunia usaha/industri

Lingkup pekerjaan

1

Perusahaan jasa

  • Pemasang Instalasi Listrik
  • Perencana Instalasi Listrik

2

Perusahaan dagang

  • Operator mesin produksi
  • Maintenance

3

Perusahaan manufaktur

  • Operator mesin produksi
  • Maintenance
  • Engineering

4

Instansi Pemerintah

  • Maintenance
  • Engineering

 

Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri

No.

Dunia usaha/industri

Lingkup pekerjaan

1

Perusahaan jasa

Pemasangan panel kendali

Perbaikan Panel Kendali

2

Perusahaan dagang

Operator Mesin Listrik

Operator kendali mesin industri

3

Perusahaan manufaktur

Operator komputer

Operator mesin produksi

4

Instansi Pemerintah

Operator komputer

Operator mesin produksi

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Studi Keahlian Teknik Ketenagalistrikan juga dimungkinkan mengelola usaha mandiri.

 

  1. SKL Kompetensi Keahlian

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan bidang dan lingkup kerja,yang diharapkan dapat dicapai setelah peserta didik menyelesaikan masa belajar. SKL dijabarkan dalam standar isi dan merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD).

      1. SKL adalah profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang pendidikan tertentu yang mencakup dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
      2. Penguasaan kompetensi lulusan dikelompokkan menjadi 2 (dua) Tingkat Kompetensi, yang diartikan sebagai kriteria capaian Kompetensi yang bersifat generik yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada setiap program  pendidikan dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.
      3. Pencapaian tingkat kompetensi lulusanPendidikan Menengah Kejuruan dilaksanakan melalui program pendidikan 3 tahun dan 4 tahun. Masing-masing tingkat kompetensi merupakan satuan program pendidikan yang harus dicapai secara utuholehpesertadidikpada setiap program pendidikandalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan.

 

  Program Pendidikan dan Kesetaraan Jenjang Kualifikasi Lulusan PMK

No.

Program Pendidikan

Kesetaraan Jenjang Kualifikasi

1.

3 Tahun

Jenjang 2 pada KKNI

2.

4 Tahun

Jenjang 3 pada KKNI

Sumber: Permendikbud No. … Tahun 2016 tentang Standar Isi PMK

 

      1. Lulusan SMK/MAK program pendidikan 3 (tiga) tahun dan 4 (empat) tahun memiliki kompetensi pada dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, sebagaimana tercantum  pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

 

Dimensi Sikap

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 4 Tahun

Berperilaku yang mencerminkan sikap:

  1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;
  2. jujur, disiplin, empati, dan pembelajar sejati sepanjang hayat;
  3. bangga dan cinta tanah air, bangga pada profesinya, dan berbudaya nasional;
  4. memelihara kesehatan jasmani, rohani, dan lingkungan;
  5. berpikir kritis, kreatif, beretika-kerja, bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lainsesuai bidang dan lingkup kerja dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan industri lingkup lokal, nasional, regional, dan internasional.

Berperilaku yang mencerminkan sikap:

  1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;
  2. jujur, disiplin, empati, dan pembelajar sejati sepanjang hayat;
  3. bangga dan cinta tanah air, bangga pada profesinya, dan berbudaya nasional;
  4. memelihara kesehatan jasmani, rohani, dan lingkungan;
  5. berpikir kritis, kreatif, beretika-kerja, bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas kuantitas dan kualitas hasil kerja orang lain sesuai bidang dan lingkup kerja dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan industri lingkup lokal, nasional, regional, dan internasional.

 

Dimensi Pengetahuan

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 4 Tahun

Berfikir secara faktual, konseptual, operasional dasar, prinsip, dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerjapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:

  1. ilmu pengetahuan,
  2. teknologi,
  3. seni,
  4. budaya, dan
  5. humaniora

dalamkonteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.

Berfikir secara faktual, konseptual, operasional lanjut, prinsip, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:

  1. ilmu pengetahuan,
  2. teknologi,
  3. seni,
  4. budaya, dan
  5. humaniora

dalamkonteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.

 

Dimensi Keterampilan

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 3 Tahun

Kompetensi Lulusan

Program Pendidikan 4 Tahun

Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam:

  1. melaksanakan tugas dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja, dan
  2. menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberi tugas membimbing orang lain.

Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam:

  1. melaksanakan tugas dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah kompleks sesuai dengan bidang kerja, dan
  2. menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan tidak langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, serta bertanggung jawab atas hasil kerja orang lain.

 

 

 

STRUKTUR KURIKULUM

 

1.3.3.  Kompetensi Keahlian  : Teknik Instalasi Tenaga Listrik (3 Tahun)

 

 

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

318

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

212

3.

Bahasa Indonesia

320

4.

Matematika

424

5.

Sejarah Indonesia

108

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

352

Jumlah A

1.734

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

108

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

144

Jumlah B

252

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

108

2.

Fisika

108

3.

Kimia

108

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Gambar Teknik Listrik

108

2.

Dasar Listrik dan Elektronika

216

3.

Pekerjaan Dasar Elektromekanik

144

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Instalasi Penerangan Listrik

526

2.

Instalasi Tenaga Listrik

526

3.

Instalasi Motor Listrik

492

4.

Perbaikan Peralatan Listrik

170

5.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

524

Jumlah C

3.030

Total

5.016

 

 

 

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

 

2.

Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan

 

2

 

2

 

2

 

2

 

2

 

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

3

3

2

2

4.

Matematika

4

4

4

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

3

3

-

-

-

-

 

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing

Lainnya*)

 

3

 

3

 

3

 

3

 

4

 

4

Jumlah A

19

19

15

15

15

15

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

3

3

-

-

-

-

 

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan

Kesehatan

 

2

 

2

 

2

 

2

 

-

 

-

Jumlah B

5

5

2

2

-

-

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

3

3

-

-

-

-

2.

Fisika

3

3

-

-

-

-

3.

Kimia

3

3

-

-

-

-

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Gambar Teknik Listrik

3

3

-

-

-

-

2.

Dasar Listrik dan Elektronika

6

6

-

-

-

-

3.

Pekerjaan Dasar Elektromekanik

4

4

-

-

-

-

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Instalasi Penerangan Listrik

-

-

8

8

7

7

2.

Instalasi Tenaga Listrik

-

-

8

8

7

7

3.

Instalasi Motor Listrik

-

-

8

8

6

6

4.

Perbaikan Peralatan Listrik

-

-

-

-

5

5

5.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

-

-

7

7

8

8

Jumlah C

22

22

31

31

33

33

Total

46

46

48

48

48

48

 

© Copyright SMKN 4 Kota Tangerang